Satu per satu wilayah di sekitar Ibu Kota Kyiv kini telah berhasil direbut kembali oleh pasukan Ukraina, dengan Rusia yang akan memfokuskan serangan di Donbas yang tentu meningkatkan kekhawatiran keselamatan para warga sipil.

Saat ini Ukraina kembali merebut lebih banyak wilayah di sekitar Kyiv dari tentara Rusia yang meninggalkan desa-desa yang hancur, serta tank-tank dari mereka sendiri yang ditinggalkan saat mereka pindah ke ibu kota.

Di Dusun Dmytrivka tepatnya di sebelah barat ibu kota, gumpalan asap masih mengepul dari puing-puing kendaraan berlapis baja, dengan mayat setidaknya delapan tentara Rusia tergeletak di jalan-jalan, koresponden Reuters melihat.

“Namun dari satu sisi kami mendengar tank-tank menembaki kami, dan dari daerah Bucha juga terdengar tembakan mortir besar-besaran,” menurut penduduk Leonid Vereshchagin, seorang eksekutif bisnis, mengacu pada sebuah kota di utara, melansir¬†Reuters¬†2 April.

Para pasukan Ukraina kini melanjutkan pasukannya untuk merebut kembali Bucha, kata walikotanya pada Hari Jumat dalam sebuah video yang tampaknya difilmkan di luar balai kota. Perkembangan dan kemajuan mengikuti beberapa hari keuntungan Ukraina di sekitar Kyiv dan di utara.

Tepatnya di barat daya Ukraina, pertahanan anti-udara menggagalkan upaya serangan terhadap infrastruktur penting di pelabuhan Laut Hitam Odesa, kata militer Ukraina. Reuters tidak dapat segera memverifikasi akun tersebut.

Namu meskipun demikian, Gubernur Odesa, Maksym Marchenko mengatakan tiga rudal telah berhasil menghantam sebuah distrik perumahan, dan menyebabkan korban. Dia juga mengatakan rudal ditembakkan dari sistem rudal Iskander di Krimea, pada semenanjung selatan Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

“Tapi berkat respon tepat waktu dan efektif dari pasukan pertahanan udara, rudal tidak mengenai target yang dituju musuh,” ujarnya melanjutkan.

Saat ini Ukraina dan sekutunya mengatakan pasukan Rusia telah dipaksa untuk menata ulang kekuatannya, selepas setelah menderita kerugian besar karena perlawanan Ukraina yang gigih.

Gubernur regional di Kyiv dan juga Chernihiv menyatakan Rusia menarik diri dari daerah-daerah di kedua provinsi itu, sehingga beberapa kembali melintasi perbatasan ke Belarus dan Rusia.

Rusia juga mengatakan wilayah tenggara Donbas, tempat mereka mendukung separatis sejak 2014, kini sekarang menjadi fokus upaya perangnya. Kota pelabuhan Mariupol yang tadi dikepung dan dibombardir Laut Azov telah menjadi target utamanya di sana.

Mengisi waktu luang dengan membaca berita memang hal menyenangkan, namun bermain slot juga tak kalah menyenangkan. Apabila menang hanya bonus dari sebuah keberuntungan saja.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.